Tuesday, April 16, 2019

Garis Istimewa Segitiga

Segitiga merupakan salah satu bangun datar yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Didalam benak temen-temen sekarang pastinya juga sudah membayangkan bagaimana bentuk segitiga itu. Nah untuk lebih mengenal segitiga, Saya akan membahas garis istimewa, jadi apa itu garis istimewa pada segitiga? kita akan ulas bersama dalam artikel kali ini.




1. Garis Tinggi Segitiga
Garis tinggi merupakan sebuah garis yang ditarik dari satu titik sudut sebuah segitiga serta tegak lurus terhadap sisi depannya.
adversitemens

Perhatikan gambar segitiga ABC diatas, CS merupakan garis tinggi dari segitiga ABC. Karena CS merupakan garis yang ditarik dari satu titik sudut segitiga dan tegak lurus sisi depannya.
2. Garis Bagi Segitiga
Garis bagi merupakan garis yang ditarik dari suatu titik sudut sebuah segitiga dimana garis bagi akan membagi dua sama besar sudut tersebut.

Perhatikan segitiga ABC diatas, manakah yang disebut dengan rais bagi ? garis CD merupakan garis bagi segitiga.
3. Garis Berat Segitiga
Garis berat merupakan garis yang ditarik dari titik sudut sebuah segitiga yang membagi dua sama panjang sisi depannya.

Perhatikan segitiga ABC diatas, garis CD merupakan garis berat dari segitiga ABC diatas.
4. Garis Sumbu Segitiga
Garis sumbu merupakan garis yang ditarik tegak lurus pada suatu sisi yang membagi dua sama panjang sisi segitiga tersebut.

Setelah temen-temen perhatikan segitiga KLM diatas, tentunya temen-temen sudah tahu mana yang termasuk garis sumbu. Sebuah garis yangtegak lurus KM serta membagi KM menjadi dua bagian yang sama panjang itulah yang disebut garus sumbu.
Previous Post
Next Post

Nama :Wisnu Ginanjar Saputra Sekolah:SMK Muhammadiyah Kudus Jurusan:TKJ Kelas:X

Related Posts

0 komentar:

Siapa saja yang telah membuka blog, saya ucapkan terimakasih dan jangan lupa komentar